Anggap Panitia Tak Transparansi, Klarifikasi Wakil Walikota Palopo Dianggap Keliru Oleh Lembaga Kerajaan Adat Tallo

hermanmaros, 12 Sep 2019,
Share w.App T.Me

Makassar-Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII Tahun 2019 Tana Luwu ini, rupanya tak terlepas mendapat sorotan dari ruang publik. Lantaran adanya peserta merasa sangat kecewa, sebab menganggap pihak panitia tidak memberikan pelayanan akomodasi yang layak.

Seperti yang dikemukakan oleh peserta dari Kerajaan Tallo Makassar, mengaku diterlantarkan akibat tidak diperlakukan secara layak sebagai tamu kehormatan di event FKN ini. Hal tersebut, sehingga menjadi viral di media sosial (Medsos).

Wakil Wali Kota Palopo, Rahmat Masri Bandaso saat dimintai tanggapannya mengenai hal tersebut, Selasa (10/09/2019) sore di ruang kerjanya, Melalui media Tabloid SAR, ia menyampaikan klarifikasinya atas adanya kekecewaan peserta dari Kerajaan Tallo terhadap pihak panitia FKN XIII tersebut.

“Saya atas nama masyarakat dan Pemerintah Kota Palopo menyampaikan permohonan maaf yang setinggi-tingginya atas adanya kejadian seperti itu,” ujar Rahmat Masri Bandaso.

Menurutnya, bahwa sebenarnya yang ditanggung oleh pihak panitia FKN adalah hanya para raja dan sultan beserta permaisurinya. “Itu sudah menjadi kententuan yang berlaku dari sejak event FKN ini dilaksanakan,” kata Rahmat.

Lanjut ia mengemukakan, saya selalu menghadiri beberapa kali event FKN sebelumnya, bahwa yang ditanggung oleh setiap tuan rumah hanya raja dan sultan beserta permaisurinya. Jadi itu yang ditanggung semua akomodasinya termasuk fasilitas hotelnya.

Namun untuk rombongannya, kata Rahmat, itu ditanggung sendiri oleh mereka. Biasanya yang membiayai adalah pemerintah dari daerah mereka masing-masing. “Itupun yang diundang adalah kerajaan yang terdaftar secara resmi di FKIKN (Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara),” tukasnya.

Lebih lanjut Rahmat menyampaikan, jadi kerajaan-kerajaan besar saja yang ada di Nusantara ini yang diundang. “ Saya sendiri tidak tahu, mengenai kehadiran peserta dari Kerajaan Tallo itu,” imbunya.

Kendati demikian, Rahmat mengaku sangat prihatin atas kejadian yang dialami oleh peserta dari Kerajaan Tallo tersebut.

Dalam tanggapan wakil walikota Palopo ini mendapat tanggapan yang berberda dari ketua lembaga Kerajaan Adat Tallo

Namun hal tersebut membuat Ketua Lembaga Kerajaan Adat Tallo Andi Iskandar Esa Daeng.Pasore angkat bicara terkait tanggapan Wakil walikota Palopo tersebut ,” ini aneh kenapa walikota tidak tahu bahwa kami hadir, padahal kami hadir sesuai undangan dari kegiatan tersebut, kami juga tidak bakal hadir tanpa ada undangan, namun dalam hal ini kami tidak diberitahu atas informasi itu, masalah untuk akomodasi dan lain lain, ini membuktikan pantia tidak transparansi kepada tamu undangan, hanya menyebarkan saja undangan tanpa memberitahu kepada kami tentang aturan masalah akomodasi, kami juga berangkat kesana dengan dana Swadaya sendiri, kami tidak difasilitasi oleh pemerintah untuk semuanya, jadi wajar kami kecewa dengan semuanya ”,ujar Daeng Pasore kepada awak media di Kantor Lembaga Adat Pa’sereanta Firman Sombali Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo Sulawasi Selatan pada Kamis,(12/09/2019).

Ditambahkan Nursyamsi Bali Karaeng Lembang Parang Karaeng Mattutu (Plt) Raja Tallo Makassar ke 19,“ Kami kecewa, tidak ada sama sekali yang membantu kita, bahkan untuk makanan kami beli sendiri, hanya air yang diberikan kepada kami dan Koreksi besar bagi panitia, tolong kami di hargai, kami datang kesini berdasarkan undangan, jadi alangka baiknya jika undangan di perlakukan dengan baik, kami sebagai tamu dari kerajaan Tallo tidak dihargai disini,’’ terang Karaeng Lembang Parang Karaeng Mattutu.(Herman)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu