Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) P3MD Pakpak Bharat Gelar On the Job Training (OJT) dan In Service Training (IST) SIPEDE

INDONESIASATU.CO.ID:

PAKPAK BHARAT - SiPeDe (Sistem Informasi Pembangunan Desa) merupakan aplikasi resmi dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi berupa Sistem Informasi tentang Desa berbasis Aplikasi WEB yang memuat semua kegiatan Desa dengan sumber dana Dana Desa (APBN). Penaingkatan transparansi melalui media internet merupakan tujua utama sehingga semua kegiatan desa yang bersumber dana desa bisa diakses oleh semua pemangku kepentingan.

Pengguna SIPEDE adalah Pemerintah, Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa dan seluruh Tenaga Pendamping Profesional (TPP) P3MD. Untuk meningkatkan kapasitas Tenaga Pendamping Profesional, khususnya Pendamping Desa Peberdayaan (PDP) dan Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) dalam penggunaan aplikasi Sipede, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Pakpak Bharat menggelar On the Job Training (OJT) dan In Service Training (IST) pada hari ini Rabu 14 November 2018 di Kantor TAPM P3MD Kabupaten Pakpak Bharat, Jalan Kecupak, Salak.

Arjuna, Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif P3MD Kabupaten Pakpak Bharat menjelaskan bahwa kegiatan OJT dan IST SIPEDE merupakan Tindak Lanjut dari kegiatan BIMTEK SIPEDE yang diselenggarakan Ditjen PPMD Kemendesa PDTT pada tanggal 12-16 September 2018 di Jakarta. Sistem Informasi Pembangunan Desa juga dapat memutus kesenjangan politik, ekonomi, sosial dan budaya. Sistem Informasi Pembangunan Desa yang baik kemudian akan mendorong keterbukaan informasi publik hingga ke level perdesaan. Keterbukaan dan transparansi pasca terbitnya UU Desa menjadi sangat penting untuk mencegah penyimpangan penggunaan dana desa oleh perangkatnya.

Kegiatan OJT dan IST SIPEDE diikuti oleh Pendamping Desa di 8 (delapan) kecamatan se Kabupaten Pakpak Bharat yang bertugas menangani SIPEDE, selain Arjuna turut menyampaikan materi Jhonny Robert Lbn Tobing (TA-ID) dan Kusnarto (TA-PED). Adapun materi yang disampaikan terdiri dari: Panduan penggunaan Aplikasi SIPEDE, Input pemenuhan data ke SIPEDE.

Arjuna menambahkan bahwa saat ini penyaluran Dana Desa TA 2018 dari RKUD ke RKDesa di Kabupaten Pakpak Bharat sudah mencapai 60% dan sedang proses penyaluran Dana Desa tahap ke III. Input data realisasi Sapras dan Non Sapras sudah 58%. Dengan OJT dan IST ini diharapkan dalam waktu sepekan kedepan input data realisasi Sapras dan Non Sapras sudah mencapai 60% dengan lengkap dan benar secara kuantitas dan kualitas.
#SipedeAndalanKita
 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita